Rabu, 02 April 2014

Printer spooler: Sing Mbaurekso (Bosnya) Ranah Printing

Apa sih printer spooler??? sebelum membahas tentang printer spooler saya ceritakan dulu bagaimana saya bertemu dengan si boss yang bernama printer spooler.

Jadi begini…..

Beberapa waktu yang lalu saya butuh mengkonvert sebuah file ke format pdf untuk keperluan email. Saya jadi ingat kalo saya pernah memakai virtual printer di komputer kantor dan outputnya berupa file pdf.  Googling kesana kemari akhirnya saya download dan install bullzip pdf printer.

setelah selesai di install langsung saya coba untuk ngeprint tapi muncul error message: “...... printer spooler blablablabla”. Karena belum ngeh saya coba buka word untuk mencoba menkonert file word ke pdf tapi ternyata bullzip belum terdeteksi coba add printer malah muncul error message lagi.Berhubung  filenya harus dikirim secepatnya jadi saya putuskan pake print screen+paint. file saya kirim pake format ipg.

mengatasi error printer spooler is not tunning
Error message


virtual printer tidak terdeteksi
virtual printer tidak terseteksi




Beberapa hari kemudian saya menemui kasus yang sama dan lagi-lagi karena dikejar waktu saya pake jurus pamungkas print screen +paint. Ironisnya kejadian itu berlanjut sampai dengan tadi siang tanpa ada usaha untuk mencari tau penyebab dan solusinya. kakakak:-D

Tadi siang adek saya dibelikan printer untuk keperluan TA. Setelah printer diantar langsung saja saya install drivernya ke laptop tapi beberapa saat setelah instalasi dimulai progress installasinya tidak mau jalan. Saya tunggu sekitar sepuluh menit tidak ada kemajuan. Akhirnya coba di install ulang, dan masih sama stuck di step tadi. Coba buat image file dan di run di virtual CD tidak bisa juga. setelah di cek yang terinstall cuma aplikasi-aplikasi pendukung.Tidak habis akal, saya download driver package dari website printer tersebut. Cobaba install driver hasil download-an ternyata muncul error printer spooler lagi .Karena mau tidak mau printer harus bisa dipakai akhirnya saya googling dan ternyata error tersebut dikarenakan printer spooling belum running (kan di error messagenya udah ada gak dibaca sih).



Terus apa sih sebenarnya printer spooler itu?Dan apa pentingya sih?

Spooler berasal dari kata spool yang merupakan akronim dari simultaneous peripheral operations on-line. Dalam dunia komputer spooling diartikan meletakkan suatu pekerjaan (perintah) ke dalam suatu buffer(tempat khusus pada memeory atau disk) agar dapat diakses ketika sistem itu siap untuk mengerjakan perintah tersebut. Sedangkan printer spooler itu sendiri adalah sebuah tempat fasilitas peyimpanan sementara yang menyimpan output  dari sebuah atau beberapa aplikasi sebelum masuk ke sebuah device(printer) yang tidak dapat menerima dan mengerjakan beberapa perintah secara bersamaan. Printer spooler bertugas mencegat semua printing command kemudian mengatur urutan perintah tersebut sebelum masuk ke printer sehingga tidak akan terjadi hasil print yang tercampur.

printer spooler (pic:www.maran.com)
printer spooler (pic:www.maran.com)



Seperti saya jelaskan tadi bahwa printer spooler adalah tempat penyimpanansementara jadi walaupun aplikasi yang memberi printing command di tutup perintah akan tetap diteruskan ke printer karena perintah tadi sudah “di-spooled” (disimpan oleh spooler). Pada penggunaannya urutan printing command bisa kita akses melalui notification pada task bar dan kita bisa melakukann cancel atau pause kalo terjadi kesalahan pada dokumen, kualitas yang kurang sesuai, atau saat printer bermasalah.

printer spooler window (pic:www.question-defense.com)
printer spooler window (pic:www.question-defense.com)


Jadi kenapa bullzip tadi tidak terdeteksi dan kenapa driver printer tidak bisa diinstall? Karena mereka tidak mau dipekerjakan di tempat kerja yang memperbudak mereka tanpa memperhatikan kapasitas dan kapabilitas mereka. Mereka butuh seorang pengayom yang mampu menampung sementara dan mengatur urutan pekerjaan mereka saat mereka mengerjakan pekerjaan lain. Ketika satu perintah sudah selesai baru pekerjaan berikutnya diantarkan untuk dieksekusi.

Bayangkan saja kita jadi printer yang tidak punya spooler pak Word minta dicetakkan novel terbarunya 100 lembar bolak-balik.Pak corel minta print gambar warna warni dan “contrastnya harus dapet” dan bu excel minta diprintkan laporan keuangan perusahaan selama satu tahun. Semua datang bersamaan dan minta didahulukan. Kemungkinan yang terjadi  beberapa halaman novel pak Word berisi laporan laba rugi dan di dalam laporan keuangan bu excel ada gambar warna warni. Coba bayangkan jika semua pelanggan minta didahulukan pasti kita stress dan lama-lama jadi gila atau paling tidak tipes. Jadi, printer spooler itu penting.Dia adalah pelindung para printer dan bossnya ranah perprintingan(Ngaco). Ok kembali ke printer spooler.

Jadi kesimpulannya printer spooler meliliki fungsi sebagai berikut:

  1. sebagai tempat penyimpanan sementara untuk printing command

  2. mengatur urutan eksekusi printing command

  3. memungkinkan untuk melakukan cancel atau pause jika terjadi masalah atau kesalahan pada proses printing.
Pertanyaan selanjutnya kenapa sih printer spooler bisa stop (not running) dan bagaimana mengatasi error  Printer Spooler Not Running. Pertama kemungkinan kita memakai aplikasi utilities yang men-disable beberapa services untuk mempercepat start up windows. Jadi normalnya saat komputer dinyalakan printer spooler service langsung jalan tapi karena di-dissable si spooler ini tidak ikut running pada saat start up harus distart manual.dan untuk mengatasi ini berikut caranya:

 1. Tekan tombol windows+R

2. Ketik: service.msc

mengatasi error printer spooler service is not running


3. Cari Print Spooler klik kanan dan pilih properties

printer spooler disable
printer spooler disable



4. pada startup type pilih automatic, klik apply kemudian klik start

mengatasi error printer spooler service is not running


Setelah mempraktekkan langkah-langkah tersebut driver printer saya bisa diinstall dan printer bisa dipakai. bullzip pdf printernya juga terdeteksi.

printer spooler sudah running
printer spooler sudah running



virtual printer dan printer bisa dipakai
virtual printer dan printer bisa dipakai


Tapi kabar buruknya error Printer Spooler not Running juga bisa disebabkan karena virus yang menghapus file-file penting untuk layanan printer. file-file tersebut adalah:

- winspool.drv

- winspool.exe

- spoolss.dll

- folder spool

- spoolsv.exe

Jika hal ini terjadi langkah-langkah tadi belum bisa menghilangkan error tersebut. untuk mengatasinya kita bisa mengakses bantuan dari web Microsoft melalui link berikut:


atau juga menggunakan aplikasi seperti Printer Spooler Fix Wizard.

Sekian tentang printer spooler terimaksih sudah mampir, jika ada kesalahan mohon koreksi.

Jangan lupa untuk berpartisipasi menyelamatkan hutan dan bumi kita dengan print pada kedua sisi kertas.

pic:thriftymommaramblings.com
pic:thriftymommaramblings.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar